WELCOME TO MY BLOG

Welcome To My Blog....
Enjoy it

Kamis, 09 Agustus 2012

Gunung Bunder Bogor

Keindahan Tersembunyi Gunung Bunder

 

 
Kawasan Gunung Bunder, kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat memang tak bosan untuk dikunjungi. Selain karena terdapat bumi perkemahan dengan hutan pinusnya, sekitar Gunung Bunder bertebaran air terjun – air terjun yang mayoritas mudah dicapai. Kali ini tim galeribogor.net mengunjungi tiga curug yang terdapat di wilayah yang berketinggian antara 750 – 1050 dpl itu.
Tempat yang dikunjungi pertama adalah Curug Ngumpet. Perjalanan ke curug ini relatif mudah dijangkau. Turun dari kendaraan di jalan aspal kita langsung berhadapan dengan gerbangnya. Setelah membayar tiket Rp. 4.000.00 per orang, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri salah satu celah punggungan Gunung Salak itu. Sepanjang perjalanan kita akan disambut oleh gerombolan monyet yang tampak sudah akrab dengan pengunjung. Perjalanan berujung pada sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter dan kolam yang lumayan besar.
Tempat ke dua adalah Curug Sawer dan Curug Seribu. Dari jalan aspal gerbang menuju ke dua curug ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor menempuh jalan masuk sekitar 250 meter dengan kondisi jalan yang berbatu. Setelah membayar Rp. 4.000,00 per orang, tiket masuk menuju curug Seribu, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 30 – 45 menit. Medan yang melipir bukit dengan tepian jurang ini memang tampak cukup menantang. Jalan tangga-tangga batu yang terkadang licin memang harus ditempuh dengan hati-hati untuk para pemula.
Di tengah perjalanan kita bertemu dengan Curug Sawer. Curug kecil ini dapat sebagai penghibur bagi yang mulai kelelahan. Dari Curug Sawer perjalanan masih sekitar 250 meter lagi untuk bertemu dengan Curug Seribu. Di lokasi ini kita akan disambut oleh pemandangan yang menakjubkan. Menyaksikan sebuah air terjun yang lebih dari 100 meter dan kolam yang besar. Hempasan air yang deras dan bergemuruh membentuk angin dengan butiran-butiran air melayang hingga jauh. Di bagian lain tampak air terjun kecil seperti meleleh di sela-sela tanaman pakis menuruni lereng bebatuan yang tinggi. Yang tak kalah menariknya adalah bebatuan besar yang terdapat di sungai-sungai di bawahnya. Batu-batu berwarna merah yang menambah keindahan lokasi ini. Sungguh, sebuah perjalanan melelahkan namun segera terpuaskan. ( Ersta Andantino )
note: curug (sunda) = air terjun













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar